WOWW AJAIB...!! Ternyata Ini Rahasia Membesarkan Buah2n dengan Cara Alami ,yuk Di Coba...??

Saya punyai pengalaman memupuk pohon mangga golek, dimana permulaannya buahnya memiliki ukuran kecil hanya 300 gr/buah dan rasa-rasanya kurang manis, saya berupaya buat untuk ujicoba yang pasti jika berhasil bisa dipakai untuk pemupukan di kebun yang lebih luas.

Saya tetap masih ingat saat saya tetap masih kelas 1 SMP, saya punyai 1 pohon mangga cengkir pas dibelakang tempat tinggal, mangganya besar tetapi rasa-rasanya asam bukan main, jika menunggu buahnya masak pohon, buahnya selalu pec4h, saat itu saya tidak memahami problemnya, hanya saya berasumsi pohon mangganya ditanam dari benih yang tidaklah favorit, dan memang saat itu belum ada toko pertanian atau penjual pohon buah favorit (th. 1984), ya sudah buah mangga cengkir itu saya hanya bisa nikm4ti jadi bahan pembuat rujak saja.

22 th. lalu saya sudah jadi praktisi pertanian, dan ditempat kerja saya ada 1 pohon mangga golek yang buahnya banyak, tetapi kecil-kecil juga sedikit masam, sampai ingatan masa kecil menantang saya agar bisa mencari jalan keluar agar bisa buat manga golek yang besar lagi manis. Pertama saya ukur pH tanah di sekitaran pohon mangga golek itu, kenyataannya pH nya di pH 5, 5 (pH masam penyebabnya buah retak terbelah, tahu setelah 22 th. he he he) , harusnya pH 6, 5 – pH 7 yang baik untuk mangga, jadi saya kerjakan penaburan kapur dolomit beberapa 5 kg ditambah 20 kg pupuk hijau eceng gondok yang saya buat dari Danau Limboto, saya gali tanah 1, 5 mtr. dari batang tanaman, tanah di gali sedalam 15 cm selebar ukuran cangkul, lalu kapur dan pupuk hijau di tebar dengan rata + 2 kg pupuk NPK + 10 ml inovasi bioteknologi racikan saya, setelah di tabur rata jadi tanah galian baru saja selekasnya di tutup, untuk menghindar oksidasi yang bisa buat pupuk kurang efektif.

Pemupukan begini saya lakukan 6 bulan sekali, dan saya sirami pohon mangga golek itu dengan air kolam ikan mas koki sehari-hari, karna saya kenali air limbah kolam ikan banyak terkandung bahan organic kotoran ikan yang baik untuk tanaman, penyiraman inovasi bioteknologi saya lakukan tiap-tiap bulan dengan dosis 5 ml + 10 liter air di siramkan ke akar. Saat tanaman mulai berbunga penyiraman dengan inovasi bioteknologi tetaplah ditangani dengan dosis yang sama tiap-tiap bulan.

Penanggulangan Hama Penyakit

Umum pohon mangga terserang oleh lalat buah, yang menyebabkan buah mangga masak terlihat mulus diluar, tetapi dalamnya bu'suk berulat, itu terkena serangan hama lalat buah, umum saya tanggulangi dengan petrogenol, bahan aktifnya m3til uegenol, bekerja dengan aroma horm0ne s3ks pada lalat bet!na yang akan menarik lalat buah jantan masuk dalam jebakan, jebakan di buat memakai botol aqua sisa, (umum tutorialnya ada pada ketetapan pakai petrogenol yang bisa di beli di toko pertanian untuk lalat penggerek batang), tandanya terlihat dari batang pohon mangga yang mendadak m4ti, dan keropos, jadi bisa di yakinkan tanaman mangga terserang ulat penggerek batang.

Biasanya saya lakukan pengeboran batang pohon dengan mata bor sebesar jari dan memakai bor tangan, usahakan mengebor batang jangan sampai begitu dalam, cukup 3 cm, langkah mengebornya miring ke atas, supaya mudah menuangkan insektisida systemic (mudah di dapat di toko pertanian, katakan saja perlu insektisida systemic untuk basmi ulat penggerek batang) tuangkan 2 – 5 ml tergantung besar pohon ke lubang yang di buat baru saja, lalu sumpel dengan kapas, lalu tutup dengan tetesan lilin yang di bakar, untuk menghindar serangan jamur, biasanya ulat penggerek batang selekasnya m4ti, tanda kem4ti'an biasanya tidak ada lagi kot0ran ampas batang berwarna kemerahan keluar dari lubang batang. Pada akhirnya mangga golek besar-besar bahkan rata-rata seberat 1, 1 kg/buah, bijinya tetaplah kecil, dan muanis nya manis banget, pokoknya mantap deh

Dengan inovasi pemupukan berimbang, jadi hasil panen bisa jadi bertambah, buah semakin besar dan lebih manis, sayur lebih renyah, dan tentunya usaha pertanian menarik untuk dikerjakan, jika untungkan tentunya. Tetapi biasanya satu hal yang begitu besar akan sulit di jual di pasar, apabila sudah sekian buat di nikm4ti saja ya dengan keluarga. Apabila tanaman terung ungu biasanya saya tanam rapat, jadi buahnya akan mengecil, mentimun juga dipanen muda saat buahnya belum begitu besar dan sesuai sama apa yang diinginkan pasar, semua bisa dipelajari dan di siasati.

Tidak ada usaha yang mudah, semua perlu system, masalah selalu ada, itu hal umum yang buat dinamika usaha jadi menarik, semua pilihan di tangan kita semasing, apabila saya tentukan tetaplah bekerja dan tetaplah berinovasi, saya mengharapkan artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua
Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *