Subhanallah..!!! Inilah 3 Keistimewaan Bulan Rajab Yang Harus Kamu Diketahui (("Kalau Kamu Merasa Umat Islam Tolong Sebarluaskan Info Penting Ini"))

Diantara bulan penanggalan dalam kalender Islam yaitu bulan Rajab. Bulan ini begitu di nanti-­nanti karena banyak kelebihan yang terdapat di dalamnya. 


Bahkan dari namanya saja telah menunjukkan kalau bulan ini sangat dihormati. Rajab berasal dari kata tarjib yang punya arti ‘terhormat’. Tidak heran bila setiap muslim begitu mengharapkan bulan ini segera datang. Berikut adalah 3 kelebihan bulan Rajab yang perlu kita ketahui. 

1. Bulan Rajab Yaitu Bulan Haram 

Bulan Rajab adalah salah satu dari empat bulan yang diharamkan. Dengan kata lain, bulan Rajab adalah bulan yang istimewa serta berbeda dari bulan­bulan yang lain. Allah Ta’ala sudah berfirman : “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah itu ada 12 bulan. Semuanya dalam ketentuan Allah di hari Dia membuat langit serta bumi. Di antara (12 bln.) itu ada empat bulan haram. Itulah (ketentuan) agama yang lurus, jadi janganlah anda mendzalimi dirimu dalam bulan yang empat itu.. ” (QS At Taubah 36) 

Sehingga arti dari bulan haram di sini yaitu haram untuk saling menyakiti serta saling menumpahkan darah. Kecuali memang bila pihak dari musuh dulu yang pertama kali melakukannya, jadi kita diperbolehkan untuk membalasnya. Selain itu bulan itu juga harus bersih dari perbuatan dosa karena dosa saat itu jauh lebih besar. 

Serta pahala ketika beramal shaleh di bulan itu jauh lebih besar daripada bulan yang lain, kecuali bulan Ramadhan. Dari cuplikan Ibnu Abbas, Ibnu Katsir menulis, “Sesungguhnya melakukan perbuatan dzalim di bulan­bulan haram, jadi dosa serta sanksinya jauh lebih besar dibanding melakukan perbuatan dzalim di bulan­bulan yang lain. ” 

2. Bulan Yang Dekat Dengan Ramadhan 


Sungguh jika kita sudah mencapai bln. Rajab, jadi alangkah dekatnya dengan bulan Ramadhan. Keduanya hanya terpisah oleh sebulan saja yaitu bulan Sya’ban. 

Beberapa ulama yang wara’ juga banyak yang menyiapkan diri menyambut bulan Ramadhan sejak bulan Rajab. Hal ini sudah diabadikan dalam doa saat masuk bulan Rajab yang sudah banyak kita ketahui. “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab serta Sya’ban dan berkahilah kami dalam bulan Ramadhan. ” (HR Ahmad) 

Itulah doa yang selalu disampaikan oleh banyak ulama sebagai cara untuk memperoleh keberkahan atas tiga bulan yang berturut-­turut itu. Dengan doa itu juga jadi pengharapan agar bulan Ramadhan mereka bisa capai dengan penuh kesempurnaan takwa. 

3. Bulan Rajab Yaitu Bulannya Isra Mi’raj Bulan 

Rajab selalu teringat oleh umat Islam karena di dalamnya ada peristiwa yang sangat dahsyat. Satu peristiwa di mana hanya Abu Bakar Ash Shidiq saja yang mempercayainya yaitu peristiwa isra Mi’raj sebagai jembatan perintah shalat secara langsung dari Allah pada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. 

Bila perintah lainnya cuma melalui malaikat Jibril, jadi perintah shalat langsung Allah perlihatkan pada Rasulullah sebagai bukti kalau shalat merupakan ibadah yang istimewa serta lebih diutamakan. Karena itu sudah sepatutnya kita lebih mengintropeksi diri di bln. Rajab ini untuk lebih memperbaiki shalat harus yang kita lakukan agar tidak asal melakukan saja, melainkan jadi pondasi yang kuat untuk lakukan kebaikan serta ibadah yang lain. Wallahu A’lam

sumber:http://www.bazeeng.pw/2016/04/inilah-3-keistimewaan-bulan-rajab-yang.html

Subscribe to receive free email updates: